Header Ads

Inilah Resep dan Cara Membuat Kue Tradisional BIKANG JAWA yang Mekar seperti Mawar !!

Inilah Resep dan Cara Membuat Kue Tradisional BIKANG JAWA yang Mekar seperti Mawar !!



Kue bikang adalah kue khas jajanan indonesia. Kue ini dapat kita temukan hampir disetiap daerah indonesia. Dengan teksturnya yang lembut dan dikemas dalam bentuk yang menarik membuat kue baking ini selalu mengambil hati para pacintanya. Kue bikang ini terbuat dari tepung beras. Dan beberapa bahan lainya.

Kue ini juga bisa kita temukan di beberapa toko toko tradisional disekitar kita. jika anda belum pernah mendengar ataupun menyicipi rasa dari kue lezat ini, anda pun bisa membuatnya dirumah sendiri berikut Tips resep kue bikang :

Bahan membuat kue bikang :
  • gula pasir sebanyak 750 gram
  • tepung beras sebanyak 1 kg
  • Pewarna merah dari pewarna makanan secukupnya
  • Pewarna hijau dari daun suji secukupnya
  • 3 liter santan dari 2 butir kelapa

Cara membuat resep kue bikang :
  1. pertama tama anda mulai dengan memasak santan dengan menggunakan api yang sedang, kemudian aduk aduk supaya santan nantinya tidak pecah kemudian angkat.
  2. kemudian tepung beras anda masukan kedalam wadah. Tuangkan juga santan hangat dan gula pasir tersebut sedikit demi sedikit. Untuk melarutkan gula anda harus tetap mengaduk aduk sampai tercampur merata.
  3. ambil mangkok. Kemudian anda tuangkan adonan diatas ke dalam mangkok tersebut dan jangan lupa beri pewarna merah. Aduk hingga rata dan sisihkan.
  4. ambil satu mengkok lagi. Kemudian tuangkan adonan sama seperti langkah sebelumnya. Beri juga pewarna hijau dari daun suji. Aduk hingga rata dan sisihkan.
  5. siapkan cetakan adonan kue bikang. Kemudian anda panaskan cetakan tersebut. Setelah panas tuangkan adonan merah terlebih dahulu, ingat jangan penuh, setelah adonan merah ikuti dengan menuangkan adonan hijau. Diamkan sampai terbentuk rongga rongga pada adonan setelah itu angkat dan tusuk dengan menggunakan lidi.
  6. apabila adonan kue bikang tersebut sudah matang maka angkat dikit demi sedikit sampai permukaan kue bikang pecah dan mekar. Supaya tidak lengket anda dapat menambahkan santan sedikit.
  7. kue bikang sudah jadi. Hidangkan dalam bentuk yang menarik dengan menggunakan daun pisang.

Nah resep membuat kue bikang modern mudah sekali bukan ?. sajikan camilan ini kepada orang yang anda sayangi. Demikian resep kue bikang yg enak salam sukses!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.