Header Ads

Nyoklat Banget Nih !! Resep Brownies Kukus Ny Liem Topping Chocolate Glaze Ekonomis Nikmaaaat !!

Nyoklat Banget Nih !! Resep Brownies Kukus Ny Liem Topping Chocolate Glaze Ekonomis Nikmaaaat !!

Sudah lama rasanya saya ingin sekali membagikan salah satu kue andalan Ny Liem ini. Tapi dari kemarin belum sempat karena terhambat banyaknya requesan resep yang ada di inbox Facebook dan Email. Alhamdulilah sekarang ada waktu untuk nulis resep browkus ala Ny Liem. Menurut saya hasil dari brownies kukus Ny Liem sangat enak dan nyoklat banget.



Yah walaupun 11:12 dengan rasa olahan brownies coklat pada umumnya yang beberapa waktu lalu saya bagikan. Seperti Resep Brownies Milo Kukus Tanpa Mixer, Ekonomis dan Praktis. Hanya saja olahan brownies tersebut lebih irit telur dan irit bahan. Soalnya brownies kukus tersebut cuma pakai coklat bubuk saja. Berbeda dengan resep brownies kukus Ny. Liem 6 telur yang menggunakan DCC/Dark Chocolate Cooking.

Brownies yang adonannya dibuat dengan DCC kan biasanya hasilnya lebih lembut, enak dan nyoklat. Anak-anak paling suka dengan tektsur brownies seperti ini. Makanya banyak teman saya yang memakai resep brownies kukus Ny Liem untuk jualan termasuk Brand terkenal sekelas toko kue Amanda. Memang harganya lebih mahal dibandingkan dengan brownies cokelat kukus atau brownies coklat panggang yang dibuat dengan adonan ekonomis. Tapi soal rasanya mah juara! Saya juga termasuk penggermar browkus Ny. Liem.

Seperti cara membuat brownies kukus homemade pada umumnya. Untuk topping atau taburan brownies bisa di kreasikan dengan selera alias suka-suka. Emang dasar kue brownies sudah enak rasanya jadi di inovasikan dengan bahan apapun rasanya selalu istimewa. Mulai dari brownies kukus keju Ny Liem, brownies kukus pandan Ny. Liem, meises cokelat, kacang mete, kismis, almond atau topping Ganache a.k.a Chocolate Glaze tetap oke oke saja.

Nah kali ini saya ingin brownies yang super nyoklat yang coklatnya lumer di mulut gitu. Jadi kali ini saya pakai topping ganache ekonomis yang sering disebut chocolate glaze yang dulu aku share untuk topping Mirror Cake itu. Kenapa di sebut ganache ekonomis? Karena saya buatnya tidak pakai whipcream hehehe. Padahal kan kalau chocolate glaze kudu pakai whipedcream. Yah, walaupun versi ekonomis dengan bahan yang terjangkau rasanya tetap enak kok bun.

Yang ingin coba icip-icip brownies kukus ala Nyonya liem yuk dibuat di rumah. Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Brownies Kukus Ny Liem seperti berikut ini. Mari di simak

Bahan Chocolate Glaze (untuk topping) :
  • Susu cair 100 mili liter
  • DCC cincang 200 gram
  • Madu atau unsalted butter 2 sendok makan

Cara Membuat :
  1. Panaskan susu, tidak perlu sampai mendidih! Jadi cukup sampai timbul gelembung-gelembung di tepi panci saja. Matikan api.
  2. Masukkan DCC cincang, aduk sampai DCC leleh dan teksturnya lembut. Masukkan madu atau unsated butter. Aduk sampai rata.
  3. Toping coklat siap digunakan.

Saya selalu menggunakan perbandingan susu cair dan DCC 1:2 agar hasilnya nyoklat! Nah Berikut bahan membuat brownies kukus ala Ny. Liem yang sudah ditunggu-tunggu dari tadi. Yuk segera siapkan bahan-bahannya!

Bahan Brownies Coklat Premium :
  • Telur 6 butir
  • Gula pasir 225 gram
  • Emulsifier 1/2 sendok teh
  • Tepung terigu 125 gram
  • Coklat bubuk 50 gram
  • Minyak sayur 175 gram
  • DCC/Dark Chocolate Cooking 100 gram, cincang lalu lelehkan.
  • Susu kental manis coklat (SKM) 75 gram, optional

Cara Membuat Brownies Coklat Kukus Ny Liem :
  1. Pertama-tama panaskan kukusan dan siapkan 2 buah loyang ukuran 30×10 cm (loyang brownies panjang) atau loyang 20×20 cm, lalu oles dengan margarin atau minyak, alasi kertas roti dan olesi kembali dengan minyak atau margarin. Sisihkan.
  2. Selanjutnya campur dan ayak tepung terigu dan coklat bubuk. Sisihkan.
  3. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai mengembang dan kental. Lalu masukkan campuran terigu dan coklat bubuk, aduk sampai rata atau dikocok menggunakan mixer speed rendah.
  4. Campurkan minyak sayur dan DCC leleh kemudian masukkan ke dalam adonan. Aduk balik menggunakan spatula sampai tercampur rata.
  5. Setelah itu ambil sedikit adonan, kurang lebih sebanyak 75 gram campur dengan SKM. Aduk sampai rata.
  6. Tuang separuh adonan sisa ke dalam loyang, kukus selama 10-15 menit, buka kukusan dan tuang adonan yang sudah dicampur SKM. Kukus lagi selama 5 menit kemudian tuang sisa adonan dan kukus sampai matang. Lakukan test tusuk ya, jika tidak ada adonan yang menempel pertanda brownies sudah matang.
  7. Angkat, lalu balikkan dari loyang dan biarkan dingin baru deh di kasih topping.

Lagi-lagi saya akan memberikan kunci dan tips sukses membuat brownies kukus. Sebenarnya sudah saya tulis di artikel ini Cara Membuat Brownies Kukus. Tapi kali aja ada yang belum baca, jadi saya tulis lagi.

Tips Sukses Membuat Brownies Kukus :
  • Apabila menggunakan kukusan biasa, jangan lupa bungkus tutup kukusan dengan serbet atau kain bersih agar uap air tidak jatuh ke adonan browkus. Apabila menggunakan klakat yang tutupnya berbentuk limas, tidak perlu dibungkus serbet lagi tidak apa.
  • Gunakan api sedang ketika mengukus brownies kukus. Saya cenderung menggunakan api sedang cenderung kecil karena apabila api terlalu besar maka permukaan brownis akan bergelombang. Kalau menggunakan api besar cenderung kecil memang matangnya akan lebih lama, tapi permukaan brownies kukus coklatnya bisa rata.
  • SKM atau susu kental manis bisa di skip jika tidak suka. Karena fungsinya untuk membuat lapisan coklat tipis. Lapisan bisa diganti dengan keju slice, rasanya pasti lebih endess deh.

Demikian yang dapat rezepkita sampaikan mengenai Nyoklat Banget Nih !! Resep Brownies Kukus Ny Liem Topping Chocolate Glaze Ekonomis Nikmaaaat !!.

Jika di rasa bermanfaat jangan lupa share ya bun, makasih

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.