Header Ads

Lezatnya Wajik Ketan Gula Merah Khas Jawa Ini Bikin Ketagihan..! Kita Bikin Yuuk.. Berikut Ini Resep Dan Cara membuatnya

Lezatnya Wajik Ketan Gula Merah Khas Jawa Ini Bikin Ketagihan..! Kita Bikin Yuuk.. Berikut Ini Resep Dan Cara membuatnya  

Wajik ketan adalah salah satu nama makanan tradisional khas dari Indonesia. Wajik ketan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan putih yang dipadukan dengan gula merah atau bisa juga menggunakan gula putih sesuai dengan selera anda. 



Bagi anda yang mungkin bertanya-tanya apakah ketan hitam juga bisa dibuat wajik, jawabannya pasti iya karena beras ketan hitam juga sama halnya dengan beras ketan putih sehingga keduanya sama-sama dapat dibuat menjadi makanan berupa wajik. Selain itu, ketan juga dapat dijadikan berbagai jenis makanan enak lainnya. Wajik ketan biasanya banyak tersedia ditoko-toko kue tradisional yang juga menyediakan kue tradisional lainnya. Namun untuk saat ini mungkin sudah jarang bahkan sudah tidak ada lagi makanan yang satu ini. Untuk itu, kami mengajak anda untuk mengembalikan berbagai jenis makanan tradisional khas indonesia ini, supaya tidak hilang begitu saja. Untuk membuat makanan ini memang terbilang gampang-gampang susah karena harus memiliki keahlian tersendiri. Baiklah, langsung saja kita buat resepnya dibawah ini.

Bahan :

  • 1 liter beras ketan putih
  • 650 ml santan kelapa kental
  • 1 liter air panas
  • 3 lembar daun pandan
  • 1 kg gula merah ( disisir halus )
  • 1 sendok teh garam halus

Cara Membuat Wajik Ketan :

  1. Cuci beras ketan dengan air mengalir sampai benar-benar bersih
  2. Rendam beras yang sudah dicuci bersih selama 2 jam
  3. Kukus beras ketan selama 25-30 menit sampai mekar
  4. Rebus air dan gula merah dengan daun pandan sampai mendidih dan gula benar-benar larut
  5. Masukkan beras yang sudah dikukus kedalam rebusan gula merah lalu tambahkan garam
  6. Diamkan sampai meletup-letup sambil diaduk-aduk sampai kental
  7. Aduk terus wajik ketan hingga dapat dibentuk dengan tangan dan tidak lengkat
  8. Tuang wajik ketan kedalam loyang kotak yang sudah dioles dengan minyak, diamkan sampai mendidih
  9. Tunggu sampai wajik ketan benar-benar dingin kemudian dipotong-potong
  10. Wajik ketan siap untuk sajikan

Bagi anda yang penasaran ingin mencoba Resep Cara Membuat Wajik Ketan Gula Merah, silahkan anda coba dirumah bersama keluarga anda. Sajikan wajik ketan ini disaat sedang santai atau kumpul dengan keluarga sebagai cemilan tambahannya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.