Header Ads

Masih Ingat Sama Kue Putu Isi Gula Merah ? Ngga Kebayang Nikmatnya.. Kita Bikin Yuuk Bund, Ini RESEPnya !!

Kue putu merupakan salah satu kue basah tradisional rakyat indonesia. Kue putu ada beraneka macam, seperti kue putu ayu, kue putu bambu (kue putu aren), kue putu mayang, kue putu ketan dan lain sebagainya. Dan pada artikel kali ini akan kami berikan resep membuat kue putu bambu dengan isi gula merah. Kue putu ini terbuat dari tepung beras butiran kasar, dan berisi gula merah di dalamnya serta diberi taburan kelapa parut sebagai pelengkap penyajiannya. 



Mungkin dulu anda sudah pernah menikmati enaknya kue putu ini? biasanya kue putu ini dijajakan atau dijual oleh penjual keliling, yang mana kehadiran penjual kue putu tersebut sudah biasa kita kenal lewat suara atau bunyi pengukus kue putu bambu. 

Buat anda yang ingin bernostalgia mengenang masa lalu sambil menikmati enaknya kue tradisional zaman dulu ini, ataupun untuk anda yang hanya sekedar ingin memperkenalkan kue tradisional ini kepada anak-anak atau keponakan anda. Berikut ini ada resep dan cara membuat kue putu bambu tradisional dengan isi gula merah, yang bisa anda gunakan untuk membuatnya sendiri di rumah anda. 

Bahan-bahan yang diperlukan: 
  • Tepung beras 800 gram 
  • Air 600 ml 
  • Daun pandan 6 lembar 
  • Garam 1 sendok teh 
  • Gula merah (gula jawa) 250 gram, diris tipis-tipis 
  • Cetakan bambu 
  • Bahan-bahan untuk membuat taburan kue putu: 
  • Kelapa parut 300 gram (agar gurih, pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua ataupun terlalu muda). 
  • Garam 1 sendok teh 
  • Cara membuat taburannya, bisa dengan mencampur parutan kelapa dengan garam. lalu aduk-aduk agar tercampur merata. Kemudian kukus hingga matang. 

Cara membuat kue tradisional putu bambu yang enak, gurih dan lezat: 

  1. Pertama-tama, rebus air dengan ditambahkan garam dan daun pandan. Rebus air hingga mendidih. Bila sudah mendidih angkat dan biarkan agar menjadi hangat. 
  2. Siapkan sebuah wadah, lalu masukkan tepung beras ke dalamnya. Ambil air rebusan tadi, lalu tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam tepung beras sambil diaduk-aduk dengan menggunakan tangan hingga berbutir-butir halus. (agar higienis pastikan anda cuci tangan terlebih dulu) 
  3. Siapkan saringan kasar, lalu saring adonan tepung tersebut hingga adonan tepung tersebut berbentuk butir-butiran halus. 
  4. Langkah selanjutnya adalah memasukkan adonan tersebut ke dalam cetakan bambu. Tapi sebelumnya masukkan sepotong kecil daun pisang atau daun pandan sebagai alas cetakan. 
  5. Kemudian isi cetakan bambu dengan adonan hingga setengah (jangan penuh). Lalu lubangi bagian tengahnya, bisa menggunakan jari telunjuk. Kemudian masukkan isi gula merah secukupnya. Kemudian tutup dengan memasukkan adonan kembali hingga cetakan bambu penuh dengan sambil diratakan. 
  6. Langkah terakhir, kukus cetakan yang telah diisi adonan dengan posisi berdiri. Agar kue putu cepat matangnya, posisikan atau letakkan cetakan persis di tengah lubang-lubang kukusan. 
  7. Kemudian tunggu hingga matang atau sekitar 10 menit. Bila sudah matang, angkat dan keluarkan kue putu dari cetakan bambu dengan cara mendorongnya keluar dari salah satu ujung lubang cetakan. 
  8. Kemudian sajikan kue putu bambu diatas piring saji, lalu taburi dengan parutan kelapa sebagai pelengkapnya. Bisa juga ditambahkan atau ditaburi sedikit gula pasir. 
  9. Kue tradisional putu bambu yang enak, gurih dan lezat sudah siap dihidangkan. Agar keu bikinan anda lebih enak dan berkesan, nikmati bersama keluarga, kerabat, ataupun teman-teman anda. 

Bagaimana cukup mudah kan cara membuat kue putu bambu ini? sampai disini dulu resep membuat kue tradisional putu bambu isi gula merah ini. Semoga bisa bermanfaat,

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.