Header Ads

Inilah Resep dan Cara Membuat Kue LAPIS LEGIT yang Lembut dan Nikmat

Inilah Resep dan Cara Membuat Kue LAPIS LEGIT yang Lembut dan Nikmat 




Kue lapis merupakan salah satu jenis kue basah yang memiliki banyak varian, maka tak aneh semua orang sangat menggemarinya mulai dari anak, remaja hingga dewasa. Hingga saat ini beragam kreasi dan inovasi dihadirkan setiap harinya dan salah satunya yakni kue lapis legit
Resep Membuat Kue Lapis Legit Enak
Siapa yang tidak tahu dengan kue basah yang sudah sangat populer di tahun 90-an hingga sampai saat ini masih saja banyak dicari dan diminati, walaupun kelihatannya mungkin agak ketinggalan jaman tetapi kalau masalah rasa kue satu ini tidak kalah dibandingkan dengan kue lapis modern yang lain yang ada diberbagai toko kue. Kue lapis legit ini memang cukup terbilang mahal hal ini sudah sangat lumarah karena mengingat rasanya yang sangat nikmat serta proses pembuatannya yang cukup rumit dibandingakan kue basah lainnya namun setelah anda mencicipinya semuanya sudah dirasa terbayarkan. Bagi anda para pecinta kue basah khususnya kue lapis legit ini mungkin anda sudah tidak susah lagi mencarinya karena diberbagai toko dimana pun sudah pasti bakalan ada, namun tak ada salahnya bukan jika anda mencoba membuatnya sendiri dirumah ? Kenapa tidak, hal ini bisa menjadi salah satu tantangan untuk diri anda sendiri selain itu anda juga bisa lebih menghemat uang bukan? Nah bagi anda yang merasa tertantang untuk membuat kue lapis legit ini tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan resepnya secara lengkap dan terperinci dan dijamin andapun pasti bisa langsung membuanya dirumah. Langsung saja simak resepnya dibawah berikut ini :

Bahan :
  • 60 gr tepung terigu, ayak terlebih dahulu
  • 30 butir kuning telur ayam
  • 4 butir putih telur ayam
  • 300 gr gula pasir
  • 30 gr tepung maizena
  • 1 sdm bumbu kue lapis
  • 1 sdt cake emulsifer
  • 400 gr mentega, kocok terlebih dahulu sampai mengembang
  • 20 gr susu bubuk

Cara Membuat Kue Lapis Legit Enak :
  1. Pertama setelah bahan disiapkan semuanya, ambil wadah yang berukuran sedang untuk membuat adonan, Kemudian masukan 30 butir kuning telur, gula pasir ayak terlebih dahulu kemudian putih telur. Kocok semuanya hingga lembut dan tercampur rata
  2. Selanjutnya tuangkan 1 sdt cake emulsifer kedalam adonan lalu kocok kembali hingga adonan benar-benar mengembang
  3. Setelah itu masukan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya sedikit demi sedikit sambil diaduk, masukan susu bubuk, 1 sdm bumbu kue lapis dan juga tepung maizena lalu aduk kembali hingga semua adonan tercampur rata.
  4. Aduk terus menggunakan spatula hingga adonan benar-benar halus dan tidak menggumpal. Selanjutnya masukan mentega yang sudah dikocok sebelumnya Cara memasukkan jangan dituang sekaligus, ambil sepertiga bagian lalu aduk aduk sampai tercampur sempurna. 
  5. Ulangi lagi sampai kocokan menteganya habis dan tercampur sempurna dengan adonan lain dan tidak ada gumpalan gumpalan di adonannya.
  6. Setelah itu panaskan oven, sambil menunggu oven benar-benar panas siapkan loyang kemudian olesi dengan mentega dan beri kertas roti terlebih dahulu lalu tuangkan adonan untuk lapisan pertama lalu ratakan kira-kira 50-60 gr saja
  7. Langsung setelah itu masukan kedalam oven yang sudah panas dengan keadaan api rendah sampai berwarna kecoklatan. Setelah berwarna kecoklatan tuang kembali adonan diatasnya lalu masukan lagi dan panggang dengan api sedang hingga berwarna coklat pula
  8. Masukkan lagi adonan (kurang lebih sebanyak adonan pertama dan kedua) lalu tekan sedikit supaya rata dengan penekan khusus atau bisa juga memakai bawah loyang yang ukurannya lebih kecil (olesi terlebih dahulu dengan mentega atau butter bagian bawah penekannya supaya tidak lengket).
  9. Panggang lagi dengan api atas sampai berwarna agak kecoklatan (kurang lebih sekitar 5 menit saja supaya warnanya cantik). Ulangi sampai semua adonan habis lalu terakhir panggang lagi kurang lebih selama 15 menit sampai resep kue lapis legitnya benar benar matang.

Selesai sudah kue lapis legit sudah siap diangkat, diamkan terlebih dahulu setelah hangat baru potong-potong sesuai selera anda. Nah bagaimana prosesnya terbilang susah-susah gampang bukan kunci pembuatan kue lapis legit ini hanya satu ketelatenan kita. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Source : resepdapur

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.