Header Ads

BAU !! Itulah Kenapa Orang Males Makan Jengkol !! Eits Siapa Bilang ... Coba Aja Resep Rendang Jengkol, Empuk, TIDAK BAU, Gurih-gurih Nyooy Berikut Ini !!

BAU !! Itulah Kenapa Orang Males Makan Jengkol !! Eits Siapa Bilang ... Coba Aja Resep Rendang Jengkol, Empuk, TIDAK BAU, Gurih-gurih Nyooy Berikut Ini !!

Kalau berbicara jengkol dan teman-temannya seperti petai jawa maupun petai cina pasti banyak yang tidak suka dengan makanan ini. Padahal bagi jengkol lovers, jengkol selalu dicari-cari soalnya enak banget. Saya juga termasuk jengkol lovers heehhee. Rasanya sedep deh kalau di masak bumbu rendang, jadi berasa makan rendang daging beneran.



Ya semua tergantung selera ya bun, kalau saya sih suka jengkol. Jadi mau dimakan mentah atau di rebus buat lalapan bareng sambal terasi ya suka. Apa lagi di masak semur jengkol, balado jengkol, rendang jengkol padang, tumis jengkol, sambal jengkol, jengkol goreng, semur jengkol betawi dan jengkol pedas, wuih hajar bleh. Masakan jengkol paling enak dimakan bareng nasi putih hangat yang pulen dengan dibarengi tumisan. Seperti tumis genjer, tumis kangkung, tumis kacang panjang, tumis putren bakso dan lain sebagainya.

Nah, pada kesempatakan kali ini saya akan berbagi salah satu olahan jengkol yang melegenda dan disukai banyak orang yaitu Resep dan Cara Membuat Rendang Jengkol. Banyak orang yang suka dengan rendang jengkol, tapi sayang banyak pula yang belum tahu kunci sukses cara membuat rendang jengkol yang empuk dan tidak bau ketika di makan. Padahal tips nya sangat mudah loh bun.

Agar jengkol hasilnya empuk dan tidak bau ketika di masak caranya cukup sederhana. Yaitu cukup rendam jengkol semalaman bersama sobekan daun jeruk atau pakai sedikit kapur sirih. Cara ini cukup efektif menghilangkan bau tak sedap dari jengkol karena dapat menetralisir bau jengkol yang menyengat tanpa mengurangi kelezatan jengkol saat dimasak.

Bumbu rempah yang digunakan untuk membuat resep rendang jengkol sebenarnya cukup sederhana. Bumbu rendang yang digunakan antara lainnya adalah jahe, serai, kemiri, kunyit, bawang putih, bawang merah serta santan. Untuk membuatnya yaitu dengan menumis bumbu tersebut lalu dimasak bersama santan dan rebusan jengkol yang sebelumnya di geprek agar bumbunya meresap. Perpaduan bumbu rempah rendang khas Padang yang kuat sangat enak dipadukan dengan gurihnya santan segar.

Jadi tak salah lagi rasanya kalau banyak orang jatuh cinta ke rendang jengkol walaupun banyak kreasi masakan jengkol yang menggoda. Oke deh, tak panjang lebar lagi ya bun. Yuk langsung saja di simak Bahan-bahan dan Cara Membuat Rendang Jengkol seperti berikut ini.

Bahan-bahan Rendang Jengkol :
  • Jengkol 1/2 kilo gram (rendam dengan air + sobekan daun jeruk atau air kapur sirih semalaman)
  • Santan kental 1/2 liter (dari 1/2 butir kelapa yang di parut)
  • Daun salam 2 lembar
  • Jahe 1 ruas jari (memarkan)
  • Serai 1 batang (memarkan)
  • Air matang 1/4 liter
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir dan penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bumbu Halus Rendang :
  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang putih 6 siung
  • Cabai merah 5 buah (buang bijinya)
  • Kemiri 4 buah (sangrai)
  • Kunyit 1 ruas jari (bakar)

Pelengkap :
  • Bawang Goreng (gunakan sebagai taburan)
  • Cah Kangkung Belacan

Langkah Membuat Rendang Jengkol Empuk dan Tidak Bau :
  1. Cuci bersih jengkol yang sudah direndam dengan air daun jeruk atau air kapur sirih lalu rebus sampai 1/2 matang/empuk, angkat lalu tiriskan.
  2. Selanjutnya memarkan jengkol satu persatu sampai agak pipih atau gepeng (pelan-pelan ya bun jangan sampai hancur). Ini dilakukan agar bumbu rendang meresap ke dalam jengkol. Lakukan terus sampai jengkol habis.
  3. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu halus beserta daun salam, jahe dan serai sampai tercium aroma wangi dan matang. Masukan jengkol aduk rata, lalu masukkan air. Masak kembali sampai jengkol benar-benar empuk.
  4. Masukkan santan sedikit demi sedikit sambil terus di aduk agar santan tidak pecah.
  5. Terakhir tambahkan garam, gula pasir dan penyedap rasa aduk sesekali perlahan, sampai bumbu meresap dan mengental.
  6. Angkat dan rendang jengkol yang empuk, enak, tidak bau dan gurih-gurih nyoooyy pun siap dihidangkan lengkap dengan bawang goreng dan tumisan favorit keluarga.

Selain digunakan untuk memasak rendang jengkol, bumbu rendang ini juga bisa untuk memasak Resep Rendang Telur Enak Mudah, rendang telur puyuh, rendang kentang, rendang ayam dan rendang daging.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.