Header Ads

Cukup 1 Telur dan Tanpa Mixer Kamu Sudah Bisa Membuat Bolu Pisang Enak, Anti Gagal dan Irit Pula !! Ini Resep Cara Buatnya !!

Cukup 1 Telur dan Tanpa Mixer Kamu Sudah Bisa Membuat Bolu Pisang Enak, Anti Gagal dan Irit Pula !!

Resep Bolu Pisang Tanpa Mixer – Kalau nglirik judul bolu pisang ini dambaan emak-emak banget ya resepnya. Ya iyalah kurang apa lagi coba. Cukup pakai 1 telur sudah bisa bikin bolu pisang yang enak dan super moist. Di tambah lagi tanpa mixer, jadi gampang deh bikinnya! Dan yang jelas no ribet, soalnya tinggal cemplungin bahan-bahannya jadi satu tanpa di mixer lagi.

Jadi resep bolu pisang tanpa mixer ini termasuk kategori bolu pisang sederhana. Tapi jangan salah, soal rasa tak sesederhana resepnya loh. Kalau bunda mengikuti step by step cara membuat bolu pisang ini dengan baik hasilnya enak banget, lembut dan tentu saja anti gagal. Kenapa disebut bolu pisang anti gagal? Soalnya sering saya recook resepnya dan hasilnya selalu berhasil, enak dan cake nya mengembang sempurna.

Resep dan cara membuat bolu pisang 1 telur ini bisa dibuat dengan cara dikukus dan dipanggang dalam oven. Hasilnya sama-sama enak, hanya saja ada perbedaan teksture antara bolu pisang kukus dan panggang. Untuk bolu pisang panggang teksture nya lebih ngeprul lembutnya, agak kering tapi tetap lumer di mulut. Sedangkan untuk bolu pisang kukus teksturnya lebih lembek, super lembut dan jadi agak basah.

Kalau saya sih suka bolu pisang versi panggangnya, soalnya lebih mudah dan irit waktu ketimbang dikukus. Selain itu wangi pisangnya pun lebih semerbak dan bikin kalap. Kalau versi oven saya selalu panggang adonan cake pisang selama 40 menit dengan menggunakan api sedang agar tidak gosong dan bagian dalam bolu matang sempurna. saya pakai oven manual, jadi silahkan bunda set tergantung masing-masing oven yang dipakai.

Menurut saya bolu pisang yang termasuk kue tanpa mixer ini sudah enak banget di makan begitu saja. Tapi kalau bunda ingin mengkombinasikan atau di beri topping kesukaan juga boleh. Mulai dari toping potongan buah pisang, kismis, keju dan meise coklat. Agar tidak kering saat menambahkan taburan/toping, bunda bisa oleskan sedikit krim keju atau butter cream agar rasanya makin endesss dan istimewa.



Nah.. yang punya pisang sudah matang banget dan bingung mau di bikin camilan apa. Yuk di buat Bolu Pisang Panggang saja! Berikut Bahan-bahan dan Cara Membuat Bolu Pisang Tanpa Mixer yang wajib dicoba. Mari simak!

Bahan-bahan Bolu :
  • Tepung terigu 200 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Telur 1 butir
  • Susu kental manis putih 1 sachet
  • Pisang ambon / raja ukuran sedang 3 buah (haluskan)
  • Baking soda 1 sendok teh
  • Baking powder 1 sendok teh (saya pakai double acting)
  • Minyak sayur 100 mili liter (bisa diganti mentega atau margarine)
  • Air 60 mili liter

Toping / Taburan :
  • Meses coklat/warna warni
  • Kismis
  • Kurma
  • Keju cheddar parut
  • Butter cream / krim keju
  • Toping silahkan sesuaikan dengan selera, atau tanpa toping juga tetep enak

Cara Membuat Bolu Pisang Panggang Tanpa Mixer :
  1. Pertama-tama campur bahan kering dalam wadah seperti tepung terigu, Baking soda dan baking powder sambil diayak. Tambahkan gula pasir, aduk rata, sisihkan.
  2. Dalam wadah lain campur adonan basah seperti susu kental manis / SKM, minyak sayur, air dan telur. Kocok dengan garpu atau whisk sampai berbuih. Aduk rata, lalu masukkan lumatan pisang yang sudah dihaluskan sebelumnya.
  3. Selanjutnya masukkan bahan kering ke dalam bahan basah, aduk pakai spatula sampai merata. Tuangkan dalam loyang yang sebelumnya sudah diolesi sedikit mentega dan taburan tepung.
  4. Kemudian panggang selama 40 menit atau sampai matang. Disesuaikan dengan oven masing-masing ya, saya menggunakan api sedang agar cake banana ini tidak gosong dan bagian dalam matang dengan sempurna.
  5. Boleh tes tusuk, jika dalam tusukan sudah tidak ada adonan yang menempel pertanda kue pisang panggang sudah matang. Angkat, keluarkan dari loyang, potong-potong, sajikan!
  6. Hasilnya enak banget bun, suerrr! Walaupun saat ini banyak banget resep bolu pisang tanpa mixer yang beredar di internet, mulai daro bolu pisang ala Ny.Liem, bolu pisang Farah Queen dan Diah Didi tapi menurut saya yang paling gampang di buat ya ini. Kreasi bolu pisang ini saya dapat dari Bunda Heny Kusumawati member Cookpad. Ternyata emang sesuai selera saya, manisnya pas, wangi pisangnya juga pas tidak lebay.


So tunggu apa lagi, yang sudah bosan dengan pisang penyet, Brownies Pisang, Pisang Goreng Crispy, kolak pisang, banana split atau olahan pisang lainnya seperti 3 Resep Piscok Lumer, Coklatnya Meler, Meleleh dan Muncrat di Mulut wajib deh coba bolpis yang satu ini. Di jamin anak-anak pasti suka, apa lagi suami. Soalnya cocok untuk kudapan saat minum teh dan kopi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.