Header Ads

Kita Buat Cupcake Yuuuk Bund..!! 3 Resep Ini Bisa Bunda Coba Dirumah, Mudah Koq ...

Cara Membuat Aneka Jenis Cupcake yang Lezaaat 



Cupcake adalah sebuah hidangan penutup yang lezat dan kaya rasa, dan cupcake cocok untuk hampir semua acara. Baik ketika Anda ingin mengadakan pesta yang menyenangkan, merayakan ulang tahun atau acara spesial yang lain, atau jika Anda sekadar ingin menikmati sebuah suguhan sedap, maka cupcake adalah makanan yang Anda butuhkan. Jenis-jenis cupcake tidak terhitung macamnya -- jika Anda ingin tahu bagaimana cara membuat cupcake, cukup ikuti langkah-langkah berikut.

1. Cupcake Biasa

Bahan
  • 190 gram tepung kue (yang bukan jenis self-rising atau mengembang dengan sendirinya)
  • 150 gram tepung terigu tanpa pemutih
  • 400 gram gula pasir
  • 1 sdm baking powder
  • 3/4 sdt garam
  • 4 batang butter tawar batangan
  • 4 butir telur besar
  • 240 ml susu murni
  • 1 sdm ekstrak vanila murni
  • 600 gram gula halus
  • 120 ml susu.
  • 2 sdt ekstrak vanila


Cara membuatnya :

1. Panaskan oven Anda hinga suhu 162ºC.

2. Tata kertas wadah cupcake atau paper liner membentuk barisan pada loyang. Sisihkan loyang.

3. Campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam di dalam mangkuk. Campurkan 190 gram tepung kue (yang bukan jenis self-rising atau mengembang dengan sendirinya), 15 gram tepung terigu tanpa pemutih, 400 gram gula pasir, 1 sdm baking powder, dan 3/4 sdt garam menjadi satu ke dalam mangkuk. Aduk bahan-bahan hingga tercampur, selama sekitar 3 menit.

4. Tambahkan 4 buah butter tawar batangan ke dalam adonan. Aduk sampai butter tersebut terlapisi tepung.

5. Tambahkan 4 telur besar ke dalam adonan, satu persatu. Tambahkan telur ke dalam adonan satu persatu sampai setiap telur tercampur merata ke dalam adonan.

6. Tambahkan 240 ml susu murni dan 1 sdm ekstrak vanila murni ke dalam adonan. Aduk bahan-bahan tersebut bersama-sama sampai semuanya benar-benar tercampur rata. Sisihkan waktu untuk mengeruk bagian bawah mangguk sehingga tak ada bahan yang tersisa.

7. Isi setiap wadah kertas cupcake dengan adonan hingga 2/3 penuh. Langkah ini akan memberi cukup ruang bagi cupcake untuk mengembang.
8. Panggang selama 17 sampai 20 menit. Setelah 15 menit, mulai tancapkan tusuk gigi pada cupcake-cupcake tersebut. Jika tusuk gigi terlihat bersih saat dicabut dari cupcake, artinya cupcake itu sudah jadi dan harus dikeluarkan dari oven. Periksa kembali setiap dua menit sampai cupcake-cupcake tersebut siap.

9. Buat hiasan kue atau frosting. Anda bisa membuat hiasan ini saat cupcake sedang dipanggang. Untuk membuat frosting, cukup campurkan 2 batang butter yang telah dicairkan, 300 gram gula halus, 120 ml susu, dan 2 sdt ekstrak vanila menjadi satu. Kocok campuran tersebut dengan sendok pengaduk adonan sampai lembut dan masukan 300 gram gula halus yang tersisa secara bertahap, sampai adonan tersebut lembut dan kaya rasa.

10. Dinginkan cupcake. Dinginkan cupcake tadi selama kurang lebih 3 sampai 4 menit sehingga frosting tidak akan meleleh di atasnya.

11. Hias cupcake dengan frosting. Gunakan sendok makan atau sendok adonan untuk mengoleskan frosting secukupnya di atas cupcake.

12. Hidangkan. Nikmati cupcake lezat ini kapan saja ketika sudah dingin.

2. Cupcake Hitam Putih

Bahan:
  • 320 ml susu cokelat
  • 120 ml minyak kanola
  • 3 butir telur
  • 1 bungkus adonan kue cokelat murni ukuran 546 gram
  • 3 sdm butter tawar
  • 1,5 toples krim marshmallow ukuran 196 gram
  • 1 bungkus dark choco chips atau butiran cokelat murni ukuran 280 gram
  • 160 ml krim kental
  • 1 sdm light corn syrup atau sirup jagung yang berwarna kuning
  • Setengah kaleng hiasan kue kocok rasa vanila ukuran 350 ml


Cara Membuatnya :

1. Panaskan oven Anda hingga suhu 176ºC

2. Lapisi 24 buah cetakan muffin berukuran 6 cm dengan mangkuk-mangkuk kertas atau paper baking cups dalam loyang. Sisihkan loyang.

3. Campur susu cokelat, minyak, telur, dan tepung adonan kue ke dalam mangkuk besar. Campur 320 ml susu cokelat, 120 ml minyak kanola, 3 butir telur, 1 bungkus adonan kue cokelat hitam ukuran 546 gram menjadi satu di dalam mangkuk.

4. Aduk bahan-bahan. Aduk bersama semua bahan-bahan tadi dengan mixer listrik pada kecepatan sedang selama 30 detik. Gunakan spatula karet untuk mengeruk sisi-sisi mangkuk, kemudian kocok kembali adonan pada kecepatan sedang selama dua menit.

5. Tuang adonan ke dalam wadah muffin yang sudah disiapkan dengan sendok. Masukkan adonan ke dalam wadah-wadah tadi dengan sendok hingga terisi 2/3 penuh, yang akan memberi ruang bagi cupcake untuk mengembang.

6. Panggang selama 18 sampai 24 menit. Setelah 15 menit, mulai tancapkan tusuk gigi pada cupcake-cupcake tersebut. Jika tusuk gigi terlihat bersih saat dicabut dari cupcake, artinya cupcake tersebut sudah jadi dan harus dikeluarkan dari oven. Periksa kembali setiap dua menit sampai cupcake-cupcake tersebut siap. Setelah itu angkat cupcake dari loyang dan biarkan cupcake dingin di atas rak kawat khusus kue.

7. Buat isian marshmallow. Anda bisa membuat bahan pengisi atau filling ini ketika cupcake sedang dipanggang. Panaskan 3 sdm butter tawar dalam mangkuk berpenutup khusus untuk microwave di dalam microwave. Kemudian, tuang dan aduk 1,5 toples krim marshmallow ukuran 196 gram ke dalam lelehan butter. Setelah itu, microwave kembali campuran krim dan butter tersebut selama 1 menit. Dinginkan adonan ini selama 2 menit dan kemudian kocok dengan mixer listrik selama kurang lebih 1 menit, hingga adonan menjadi lembut dan sempurna.

8. Iris di tengah pada bagian bawah setiap cupcake sepanjang 1,27 cm. Masukkan isian marshmallow dengan menggunakan sendok ke dalam kantong pastri atau pastry bag yang dilengkapi dengan ujung bundar. Masukkan isian tersebut melalui celah irisan tadi menggunakan corong kantung pastri.
9. Campurkan 160 ml krim kental dan 1 sdm light corn syrup ke dalam panci kecil. Masak bahan-bahan tersebut di atas api sedang sampai mendidih. Kemudian, tuang isi 1 bungkus dark choco chips ukuran 280 gram ke dalam larutan dan aduk hingga semuanya benar-benar lembut. Biarkan adonan menjadi dingin hingga mengental, selama 4 sampai 5 menit.

10. Celupkan pucuk atas cupcake ke dalam adonan cokelat. Haluskan bagian atas cupcake tersebut dengan pisau jika diperlukan. Kemudian, letakkan cupcake tersebut di wadah kertas kue yang lain dan biarkan cokelat sedikit mengeras
.
11. Masukkan hiasan kue atau frosting rasa vanila dengan sendok ke dalam kantong pastri. Kantung ini harus memiliki ujung bundar yang kecil. Buat sebuah garis dengan lingkaran kecil-kecil di sekitar bagian tengah setiap kue -- lingkaran tersebut sebaiknya diberi jarak sedikit antara satu dan yang lain. Kemudian tunggu beberapa menit agar adonan cokelat mengeras.

12. Hidangkan. Nikmati suguhan lezat ini begitu saja atau dengan segelas susu.

3. Cupcake Tiramisu

Bahan:
  • 137 gram tepung kue (yang bukan jenis self-rising atau mengembang dengan sendirinya)
  • 3/4 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam kasar
  • 60 ml susu
  • 1 kacang vanila dibelah dua
  • 4 sdm butter tawar
  • 3 telur utuh
  • 3 kuning telur
  • 200 gram gula pasir
  • 80 ml kopi beraroma kuat yang baru diseduh
  • 30 ml anggur marsala
  • 50 gram gula pasir
  • 240 ml krim kental
  • 240 ml keju mascarpone
  • 50 gram gula halus diayak
  • Bubuk kakao murni


Cara membuatnya :
1. Panaskan oven Anda hingga suhu 162º C.

2. Lapisi loyang muffin standar dengan kertas wadah kue.

3. Ayak tepung kue, baking powder, dan garam. Ayak 137 gram tepung kue (yang bukan jenis self-rising), 3/4 sdt baking powder, dan 1/2 sdt garam kasar bersama-sama.

4. Belah memanjang satu buah vanila menjadi dua. Keruk bijinya kemudian simpan.

5. Panaskan 60 ml susu dengan buah dan biji vanila di dalam panci di atas api sedang. Panaskan hanya sampai muncul gelembung di sekitar tepian panci. Kemudian matikan api.

6. Kocok 4 sdm butter tawar sampai meleleh. Kemudian biarkan adonan itu selama 15 menit hingga mengental.

7. Saring campuran susu dengan saringan ke dalam mangkuk. Buang biji vanila.

8. Kocok telur, kuning telur, dan gula pasir menjadi satu. Gunakan mixer listrik pada kecepatan sedang untuk mengocok 3 telur, 3 kuning telur, dan 200 gram gula pasir bersama-sama.

9. Letakkan mangkuk adonan di atas panci yang berisi air mendidih. Kocok bahan-bahan tersebut dengan tangan sampai gulanya larut dan adonan menjadi hangat. Langkah ini membutuhkan waktu sekita 5 sampai 6 menit. Setelah itu angkat mangkok dari air panas.

10. Kocok adonan dengan mixer listrik pada kecepatan tinggi. Terus kocok sampai adonan berwarna kuning pucat, halus, dan cukup kental sehingga mampu membentuk pita di permukaan adonan selama beberapa detik saat kocokan diangkat.

11. Gabungkan adonan tepung ke dalam adonan telur dalam tiga tahap. Pertama, aduk 120 ml adonan tepung ke dalam campuran susu untuk mengentalkannya, kemudian tuang campuran susu tersebut kedalam seluruh adonan sampai Anda dapat menggabungkan seluruh bahan.

12. Isi setiap wadah kue sebanyak 2/3 penuh. Langkah ini akan memberi cukup ruang bagi cupcake untuk mengembang. Bagikan secara merata pada seluruh wadah.

13. Panggang cupcake selama 20 menit. Putar posisi loyang ketika waktu memanggang sudah setengah berjalan. Lanjutkan proses memasak hingga bagian tengah cupcake menjadi padat -- Anda bisa memeriksanya dengan menancapkan tusuk gigi pada bagian tengah cupcake -- dan hingga tepian cupcake berubah warna menjadi cokelat terang keemasan. Setelah itu, pindahkan loyang tersebut ke rak kawat khusus kue untuk mendinginkan cupcake-cupcake tersebut secara sempurna.

14. Buatlah sirup. Untuk membuat sirup, aduk bersama 80 ml kopi beraroma kuat, 30 ml anggur marsala, 50 gram gula pasir sampai gulanya larut. Dinginkan sirup.

15. Sapukan sirup di bagian atas cupcake. Lanjutkan langkah ini sampai seluruh sirup habis. Biarkan cupcake agar menyerap larutan sirup selama 30 menit.

16. Buat hiasan atau frosting. Kocok 240 ml krim kental menggunakan mixer listrik pada kecepatan sedang. Kemudian kocok 240 ml keju mascarpone dengan 50 gram gula halus yang sudah diayak sampai adonan menjadi lembut. Setelah itu, gabungkan kocokan krim kental ke dalam adonan keju hingga tercampur rata.

17. Tuangkan hiasan atau frosting tadi ke atas cupcake dengan sendok. Masukan cupcake yang disimpan dalam wadah kedap udara ke dalam lemari es selama satu malam untuk mengeraskan hiasan frosting pada cupcake.

18. Hidangkan. Taburi suguhan lezat ini dengan bubuk kakao dan nikmati kapan saja.

Peringatan
  • Jangan masak cupcake terlalu lama sebab cupcake tersebut akan menjadi kering.


Hal yang Anda Butuhkan
  • Loyang cupcake dengan 12 lubang
  • Sendok kayu
  • Mangkuk
  • Rak panggangan kue
  • Saringan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.